5 Makanan Legendaris Khas Sumatera Barat

5 Makanan Legendaris Khas Sumatera Barat

Selain menikmati wisata alam, yang paling dicari-cari orang saat berkunjung ke Sumatera Barat adalah kulinernya. Bahkan beberapa orang rela sampai bawa pulang makanan khas Sumatera Barat sampai harus taruh di kardus besar.

Yang buat makanan khas Minangkabau memiliki cita rasa sendiri ialah karena menggunakan berbagai rempah-rempah khusus yang bisa dicampur ke dalam satu makanan. Dan yang paling tak asing dan digemari semua orang adalah rendang, kayaknya nggak ada yang nggak suka rendang ya! Setuju?

Selain rendang, Telusur Kultur telah merangkum makanan khas Sumatera Barat lainnya yang paling legendaris dan cocok disantap oleh seluruh lidah orang Indonesia. Makanan favoritmu masuk daftar di bawah ini nggak?

1. Rendang

Makanan khas Sumatera Barat

Dok. Pinterest

Makanan khas Sumatera Barat pertama yang paling legendaris adalah rendang. Terbuat dari daging sapi yang diolah bersama berbagai rempah dan santan. Rendang disebut-sebut masuk kedalam salah satu makanan paling lezat di dunia. 

Selain rendang daging, di Sumatera Barat dikenal dengan rendang belut, rendang telur kering & rendang kentang. Paling nikmat dimakan bersama sepiring nasi hangat, yummyyy!

2. Sate Padang

Makanan khas Sumatera Barat

Dok. Pinterest

Tahukah kamu ada macam 3 sate padang lho! Sate padang, sate pariaman & sate panjang. Ketiga sate ini dibuat dari daging sapi & lidah. Kalau Sama-sama terbuat dari bumbu kacang dengan campuran cabai. Untuk sate padang menggunakan bumbu kacang yang kental dan bentuknya menyerupai bubur, sate pariaman dengan bumbu berwarna merah serta sate panjang dengan bumbu sate warna kuning.

3. Ayam Pop

Makanan khas Sumatera Barat

Dok. Pinterest

Makanan khas Sumatera Barat lainnya yang disebut sebagai makanan legendaris adalah ayam pop. Terlihat pucat, warna putih tapi siapa sangka rasanya sungguh gurih lho! Biasanya kalau nggak suka pedas orang-orang banyak yang memilih ayam pop saat makan di rumah makan padang.

Terbuat dari air kelapa & bawang putih, minyak pada ayam goreng biasanya dicampur dengan nasi panas, lalu sayur timun dan sambal khasnya. 

4. Soto Padang

Makanan khas Sumatera Barat

Dok. Pinterest

Soto padang hadir dengan kuah bening, dibuat dari berbagai rempah biasanya disajikan bersama perkedel, bihun & daging sapi. Tak lupa kerupuk warna pink untuk melengkapi soto padang.

5. Lamang

Makanan khas Sumatera Barat

Dok. Pinterest

Makanan khas Sumatera Barat yang terakhir adalah lamang. Biasanya dihidangkan sebagai makanan penutup. Lamang terbuat dari olahan ketan dan santan yang bisa dicicipi di atas daun pisang.