Makanan khas, makanan khas solo, makanan khas indonesia

5 Makanan Khas Solo yang Enak Dikonsumsi Waktu Hujan

Saat musim hujan, memang paling enak mengonsumsi makanan yang hangat-hangat. Makanan berkuah jadi salah satu favorit kebanyakan orang. Tahukah kamu, ada banyak makanan khas Solo yang berkuah dan bisa menghangatkan badanmu di musim hujan ini? Apa saja makanan khas Solo tersebut? Simak di bawah ini, ya.

  1. Soto Gading
Makanan khas, makanan khas solo, makanan khas indonesia

Dok. Pinterest (food.detik.com)

Makanan khas Solo ini adalah makanan khas favorit Presiden Jokowi, lho! Kuah soto kaldu ayam yang segar dengan isi bihun, daging ayam, dan jeroan sangat pas untuk dikonsumsi ketika cuaca dingin. Kamu juga bisa makan bersama hidangan pelengkap lain seperti tahu, tempe, sate usus, dan lainnya.

  1. Selat Solo
Makanan khas, makanan khas solo, makanan khas indonesia

Dok. Pinterest (@rizkatriziana)

Makanan khas Indonesia yang satu ini punya sentuhan Eropa, lho! Di zaman itu, beef steak Eropa kebanyakan hanya setengah matang. Oleh karena itu, makanan khas ini diciptakan agar kaum ningrat bisa menikmati beef steak ala Eropa yang lebih pas dengan lidah mereka. Dagingnya yang setengah matang akan dipadukan dengan tepung roti dan telur, lalu dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang. Kuah dari Selat Solo mengandung kecap manis, bawang putih, merica, pala, dan cuka. Biasanya makanan khas ini disajikan dengan  sayur-sayuran seperti wortel, buncis, brokoli.

  1. Tengkleng
Makanan khas, makanan khas solo, makanan khas indonesia

Dok. Pinterest (@widyahalim)

Banyak yang bilang makanan khas Solo yang satu ini mirip banget dengan gulai kambing. Memang, perbedaan keduanya paling terlihat pada kuahnya. Kuah tengkleng lebih encer, mengandung banyak rempah halus, dan kamu bisa membuatnya dengan santan atau tanpa santan. Isi tengkleng adalah jeroan kambing dan tulang-tulang dengan sedikit daging yang masih menempel.

  1. Sup Matahari
Makanan khas, makanan khas solo, makanan khas indonesia

Dok. Pinterest (@kristinamaria535)

Namanya yang unik didasari dari bentuk makanan khas ini yang dibuat seperti matahari. Bagian luar yang membentuk matahari adalah pangsit telur. Lalu di dalamnya terdapat campuran berbagai makanan mulai dari sosis, jamur, hingga sayur-sayuran. Pangsit telur beserta isinya itu direndam di kuah rebusan daging yang sangat gurih.

  1. Timlo
Makanan khas, makanan khas solo, makanan khas indonesia

Dok. Pinterest (@justryandtaste)

Isi makanan khas Indonesia yang satu ini sangat beragam. Daging, hati, dan empela ayam bisa kamu nikmati di dalamnya. Disajikan dengan bihun, telur bacem, telur dadar, dan dilengkapi dengan kuah yang khas dan gurih menjadikannya hidangan yang sangat enak untuk disantap!


Itu dia 5 makanan khas Indonesia berkuah asal Solo yang bisa kamu nikmati di musim hujan seperti sekarang ini. Mana, nih, yang paling kamu suka?