5 Makanan Khas Medan Ini Bikin Lidah Bergoyang, Tabo Nai!

5 Makanan Khas Medan Ini Bikin Lidah Bergoyang, Tabo Nai!

Makanan Indonesia memang nggak ada matinya. Kaya akan rempah dengan cita rasa yang lezat nan unik membuat makanan Indonesia sukses jadi sorotan bahkan hingga mancanegara. Nggak cuma itu, makanan Indonesia juga dikenal dengan berbagai menunya yang unik. Beda daerah biasanya beda juga menu makanannya. Nah, salah satu daerah yang dikenal dengan makanannya yang menggiurkan adalah Medan.

Makanan khas Medan identik dengan bumbu rempah yang melimpah dengan cita rasa yang cukup strong dan beda dari yang lain. Makanya tak heran jika makanan khas Medan jadi salah satu favorit pencinta kuliner.  Buat kamu yang masih penasaran, berikut lima rekomendasi makanan khas Medan yang tak boleh kamu lewatkan!

1. Lontong Medan

makanan khas medan

Jika Jakarta punya lontong sayur, maka Paris van Sumatera punya lontong Medan. Mirip dengan lontong sayur, makanan khas Medan yang satu ini berisi lontong dan sayuran yang diguyur kuah santan. Yang membedakan, ada isian lain seperti mie, kacang goreng, teri sambal, dan tauco yang menambah cita rasa pada menu yang satu ini.

2. Mie Gomak

makanan khas medan

Pencinta mie wajib coba menu yang satu ini. Sering disebut spaghetti khas Batak karena bentuk mienya, mie gomak kerap jadi favorit banyak orang karena tekstur mienya yang kenyal dan isiannya yang beragam. Ada dua pilihan mie gomak yang bisa dicoba, yaitu mie goreng atau mie kuah. Kamu juga bisa memilih dua jenis dressing, yaitu sambal kacang atau kuah lontong. Disantap bersama dengan rempeyek, bikin tambah nikmat!

3. Bika Ambon

makanan khas medan

Makanan khas Medan yang sering dijadikan oleh-oleh ini memang sering mengecoh banyak orang karena namanya. FYI, nama makanan ini ternyata diambil dari nama jalan tempat bika pertama kali dijual, yaitu Jalan Ambon. Bika Ambon sendiri terbuat dari tepung tapioka atau sagu yang dicampur dengan tuak untuk menciptakan rongga yang jadi ciri khas kue ini.

4. Lemang

makanan khas medan

Selain ketupat, makanan khas Medan yang satu ini juga jadi yang paling dicari saat bulan Ramadan tiba lho. Lemang merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan dan garam. Lalu, dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dalam bambu yang di bakar di atas tungku dengan waktu yang cukup lama. Jika kamu ingin mencobanya, padukan dengan lauk seperti teri kacang atau makanan bersantan. Dijamin ketagihan!

5. Soto Medan

makanan khas medan

Soto memang jadi makanan yang paling dicari di berbagai daerah, termasuk Medan. Nah, buat kamu yang penasaran, soto Medan memiliki berbagai jenis isian mulai dari ayam, daging sapi, hingga udang. Biasanya juga ditambah dengan telur, tomat, dan perkedel kentang. Kuahnya berwarna kuning kehijauan dan menggunakan jintan sebagai bumbu utama yang mendominasi rasa soto ini.