5 Makanan Khas Jawa yang Jadi Favorit Banyak Orang

5 Makanan Khas Jawa yang Jadi Favorit Banyak Orang

Makanan khas Jawa memiliki cita rasa manis dan gurih, yang membuat jatuh cinta para penikmatnya. Mulai dari Jawa Barat sampai Jawa Timur, setiap daerah memiliki keragaman kulinernya masing-masing. Tingginya minat konsumen, menjadikan para pelaku bisnis, ramai menjual makanan khas tiap daerahnya. Kelezatan dan kenikmatan, setiap makanan khas Jawa, sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Saat berkunjung ke Jawa, khususnya Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, kamu perlu mencicipi makanan khas tiap kota. Biar nggak bingung mau nyicipin yang mana dulu, inilah rekomendasi makanan khas Jawa yang populer dan paling banyak penggemarnya.

1. Garang asam

makanan khas jawa

Garang asem adalah makanan khas Jawa Tengah, dengan bahan utama ayam yang dibungkus dengan daun pisang. Garang asem, didominasi oleh rasa asam dan pedas yang cocok disandingkan dengan nasi hangat. Rasa asam yang hadir dari hidangan yang satu ini, berasal dari belimbing sayur. Rasanya yang kaya dan nikmat, berasal dari santan dan bermacam-macam rempah.

2. Soto kudus

makanan khas jawa

Seperti namanya, soto yang satu ini berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Soto kudus cocok untuk disajikan sebagai menu sarapan, karena rasanya yang ringan dan tidak mengandung santan. Rasa gurihnya berasal dari kaldu ayam kampung, serta biasa disajikan menggunakan mangkuk kecil. Biasanya, soto kudus di sajikan bersama telur puyuh, sate usus, sambal dan nasi hangat.

3. Gudeg

makanan khas jawa

Hidangan dengan rasa manis yang mendominasi ini, pasti tidak asing lagi terdengar. Saat berkunjung ke Yogyakarta, kamu dapat menikmati gudeg mulai dari warung bertenda sampai di restoran. Gudeg berbahan dasar nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula Jawa. Agar semua bumbu meresap dengan sempurna, proses memasak gudeg, memerlukan waktu yang cukup lama.

4. Lontong balap

makanan khas jawa

Dahulu, hidangan ini dijual di pasar-pasar tradisional Surabaya. Setiap hari, para pedagang berebut pembeli, sehingga selalu berjalan cepat menuju pasar. Karena hal tersebut, hidangan ini diberi nama lontong balap. Selain lontong, hidangan ini disajikan bersama tauge, tahu goreng, lentho, kecap, bawang goreng, sambal, kemudian disiram kuah khas lontong balap.

5. Sate buntel

makanan khas jawa

Hidangan berbahan dasar daging kambing yang dicincang, kemudian dibungkus dengan lapisan lemak tipis, akan membuat perut kamu keroncongan. Dengan rasa yang gurih dan pedas, dijamin kamu tidak ingin berhenti makan! Sate buntel cocok disajikan bersama sambal kacang, sambal kecap rawit, bawang merah dan lada bubuk.