5 Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Kamu Coba, Bikin Ketagihan!

5 Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Kamu Coba, Bikin Ketagihan!

Jawa Barat dikenal sebagai salah satu wilayah dengan jumlah destinasi wisata alamnya yang menakjubkan. Gak cuma itu, pilihan kuliner yang nikmat dan sedap juga jadi daya tarik para traveler!

Berbagai olahan kuliner Jawa Barat memiliki ciri khas rasa gurih, asin, asam, manis, dan pedas.

Kalau berencana liburan ke salah satu kota di Jawa Barat, pastikan kamu mencicipi kuliner khasnya, siap-siap jadi ketagihan! Berikut 5 makanan yang wajib kamu coba, cek di bawah ini.

  1. Karedok 

Sumber

Makanan ini sering ditemui di beberapa daerah Jawa Barat, terdiri dari sayuran segar seperti kol, tauge, mentimun, daun kemangi, dan kacang panjang. Dilumuri saus kacang pedas. Kalau kamu pilih menu favorit ini, jangan lupa pakai lontong atau nasi. Makin gurih!

2. Nasi Timbel

Sumber

Nasi timbel ini juga jadi makanan favorit lho! Olahan yang terbuat dari nasi dibungkus daun pisang, lalu dikukus hingga empuk. Nasi timbel biasanya disajikan dengan berbagai lauk, seperti ayam goreng, tahu, tempe, sayuran, ikan goreng dan yang paling penting adalah sambal. 

3. Seblak

Sumber

Wah, kalau makanan ini kayaknya popularitasnya tidak perlu diragukan lagi, sebab seblak memang jajanan baru yang ngetren belakangan ini, padahal seblak sudah ada sejak tahun 1990-an lho. Makanan ini terdiri dari beraneka ragam isian, ada kerupuk basah, mi instan, snack frozen, dan lain-lain. Rasanya pedas, cocok banget dimakan pas waktu hujan. 

4. Mi Kocok

Sumber

Mi kocok selalu dicari masyarakat jika pergi ke kota Bandung. Isiannya berupa mi kuning, taoge, kikil, bakso, dan disiram pakai kuah kaldu sapi. Cocok disantap dengan teh hangat, sambil menikmati hujan. 

5. Nasi Tutug Oncom

Sumber

Nasi tutug oncom terbuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng. Bisa disantap dengan ayam goreng, tahu, tempe, dan lalapan. Kalau kamu lagi cari makanan khas Jawa Barat yang bisa bikin kenyang perut, cocok nih jadi pilihan kamu.