Makanan Khas Indonesia

5 Makanan Khas Indonesia yang Jadi Favorit Semua Orang

Makanan khas Indonesia sangatlah beragam dan memiliki ciri khas tersendiri. Biasanya identik dengan rempah-rempah yang kuat pada makanannya, berbagai macam cabai untuk rasa yang pedas sampai dengan kecap atau gula merah rasa yang manis.

Setiap provinsi memiliki makanan khas tersendiri, seperti DKI Jakarta yang memiliki Nasi Uduk. Tak ketinggalan ayam goreng, telur dadar hingga tempe orek menjadi pelengkap hidangan tersebut. Sedangkan dari Jawa Timur, jadi favorit warganya adalah Rawon. Daging yang direndam dengan kuah hitam ini rasanya kurang afdol kalau tak dimakan bersama dengan telur asin.

Tidak hanya itu, Telusur Kultur telah merangkum 5 makanan khas Indonesia yang banyak disukai oleh semua orang! Dari 5 pilihan makanan khas Indonesia ini, mana yang jadi favorit kamu? 

1. Gado-gado

Makanan khas Indonesia

Dok. Pinterest (Resep Koki)

Makanan khas pertama ini berasal dari DKI Jakarta atau orang-orang menyebutnya makanan khas betawi. Disebut-sebut Gado-gado adalah salad-nya orang Indonesia. Berisikan sayur mayur seperti kangkung, kacang panjang & tempe. Tak lupa telur rebus dan kentang, lalu terakhir disiram dengan bumbu kacang dan dimakan bersama kerupuk.

2.  Nasi Uduk

Makanan khas Indonesia

Dok. Pinterest (@byviszaj)

Yang juga berasal dari DKI Jakarta, Betawi makanan khas Indonesia yang jadi makanan wajib saat sarapan adalah Nasi Uduk. Terbuat dari berbagai macam rempah seperti salah satunya santan dan cengkeh membuat Nasi Uduk terasa gurih saat dimakan. Penyajiannya, Nasi Uduk dimakan bersama ayam goreng, telur dadar atau balado, bihun, tempe orang dan terakhir sambal untuk menyempurnakan rasa.

3. Bebek Goreng 

Makanan khas Indonesia

Dok. Instagram/bebektepisawahjkt

Beberapa wilayah mempopulerkan makanan yang satu ini. Salah satunya Bali dikenal dengan bebek goreng atau beberapa restaurant menamakan crispy duck. Bebek yang digoreng kering akan menimbulkan rasa renyah pada gigitan pertama. Jangan sampai lupa makan bersama sambal matah ya! 

4. Rawon

Makanan khas Indonesia

Dok. Pinterest

Rawon jadi salah satu makanan khas asal Jawa Timur. Kuah berwarna hitam dibuat dari biji kluwek yang dicampur dengan rempah-rempah lainnya seperti ketumbar, bawang merah, bawang putih, jinten dan ketumbar. Potongan daging serta tauge jadi isi dari Rawon. Disantap bersama nasi putih, telur asin & kerupuk udang. 

5. Sate 

Makanan khas Indonesia

Dok. Pinterest (@eunice_euston)

Pasti sudah tahu dong makanan khas Indonesia yang terakhir ini berasal darimana? Yup, dari Madura. Macam-macam sate mulai dari sate ayam, kambing hingga sapi. Ciri khas dari sate daging ditusuk dengan kayu tipis lalu dibakar dan dibalut dengan bumbu kacang serta kecap. Biasanya ada yang makan bersama nasi putih atau lontong, sesuai dengan selera setiap orang.