5 Kue Jajanan Pasar yang Terbuat dari Kelapa, Manis, Gurih, dan Enak!

5 Kue Jajanan Pasar yang Terbuat dari Kelapa, Manis, Gurih, dan Enak!

Kue jajanan pasar memang selalu menggiurkan. Jenisnya yang beragam mulai dari yang dikukus, digoreng, hingga dipanggang menyajikan berbagai cita rasa yang selalu bisa membuat lidah bergoyang. Rasanya yang beragam, ada yang manis, gurih, asin, hingga pedas, membuat kue jajanan pasar tetap memiliki penggemar meski sekarang berbagai jenis kue modern sudah bermunculan.

Salah satu hal yang membuat kue jajanan pasar menjadi unik adalah bahan utamanya. Kebanyakan kue jajanan pasar menggunakan berbagai bahan alami yang membuat kue jajanan pasar terasa nikmat. Salah satu bahan yang paling sering digunakan adalah kelapa. Yup, tidak hanya dijadikan minuman dan diolah menjadi santan, kelapa yang diramu sedemikian rupa menjadi highlight dari banyak kue jajanan pasar. Apa saja?

1. Klepon

kue jajanan pasar

Penggemar kue jajanan pasar pasti sudah tidak asing dengan kue yang satu ini. Berwarna hijau dengan bentuk bulat dan memiliki tekstur kenyal, kue yang satu ini ditaburi kelapa parut yang membuat rasanya semakin enak. Belum lagi isian gula merah cair yang meledak di mulut seakan menambah sensasi menyenangkan ketika memakan kue tradisional yang satu ini. 

2. Kue Putu

kue jajanan pasar

Kue jajanan pasar yang menggunakan kelapa dan tidak kalah terkenal adalah kue putu. Kue yang satu ini memiliki tekstur yang lembut layaknya bolu karena dimasak dengan cara dikukus. Dibagian atasnya terdapat kelapa parut yang menyempurnakan rasa kue manis di bawahnya. Cocok banget disantap bersama kopi hitam atau teh tawar panas.

3. Dadar Gulung

kue jajanan pasar

Kalau yang satu ini sering disebut sebagai pancake Indonesia. Yup, sesuai namanya, kue yang satu ini menggunakan campuran tepung, susu, dan telur yang dibuat menyerupai dadar tipis dan biasanya dicampur dengan pandan agar menghasilkan warna hijau. Kemudian, adonan yang telah menjadi lembaran tipis tersebut diisi dengan parutan kelapa yang telah dicampur gula merah dan digulung. Pas buat kamu yang gemar dengan makanan manis.

4. Ongol-ongol

kue jajanan pasar

Jajanan tradisional asal Jawa Barat ini mungkin juga sudah tidak asing lagi. Memiliki berbagai warna yang menggemaskan, ongol-ongol menjadi kue jajanan pasar yang jadi favorit banyak orang. Terbuat dari tepung sagu atau singkong parut, lalu ditaburi dengan kelapa parut membuat makanan yang satu ini memiliki rasa manis, gurih dan sedikit asin. 

5. Kue Pancong

kue jajanan pasar
Kue jajanan pasar yang satu ini sekilas memang terlihat mirip dengan kue pukis karena menggunakan cetakan yang sama. Bedanya, kue pancong terbuat dari tepung beras, kelapa parut, dan santan sehingga menghasilkan rasa gurih yang selalu bikin ngiler. Kue ini pun biasanya ditambah dengan topping gula, lho.