5 Kue Basah dengan Bahan Dasar Tepung Beras

5 Kue Basah dengan Bahan Dasar Tepung Beras

Kue basah merupakan hidangan yang sangat familiar. Jika dahulu hanya bisa ditemui pada pada acara pesta, kini kue basah telah menjadi camilan sehari-hari. Banyaknya varian kue basah di Indonesia, kue basah berbahan dasar tepung beras jadi salah satu digemari. Cita rasa gurih dan manis dengan sentuhan ciri khas masing-masing daerah menjadi daya tarik tersendiri untuk makanan satu ini. Berikut beberapa rekomendasinya.

 

1.Nagasari

endeus.com

Nagasari adalah kue putih dikukus yang berisikan potongan pisang. Nagasari terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan garam yang kemudian diaduk sampai rata, lalu dimasak sambil terus diaduk hingga menghasilkan tekstur kalis dan dikukus dengan balutan daun pisang.

2. Putu Mayang


resepkoki.com
Putu mayang menjadi makanan khas Betawi dan sebutan petulo bagi masyarakat Malang serta Blitar. Putu Mayang memiliki bentuk yang menarik seperti gumpalan mie berwarna-warni. Memiliki tekstur yang cenderung kenyal, biasanya camilan ini dihidangkan dengan siraman kuah kinca yang bercita rasa manis. 

 

3. Kue Lapis

resepkoki.com
Sesuai namanya, kue lapis terlihat sangat menarik dengan tampilan berlapis yang cantik. Kue basah ini dibuat dengan cara mengukus adonan tepung beras berbeda warna satu persatu, lalu disusun secara berlapis sesuai selera.

 

4. Kue Talam


endeus.com
Kue talam menggunakan Berbahan utama campuran tepung beras, santan, dan tepung sagu yang disajikan dalam berbagai kreasi, seperti singkong, ebi, abon, ubi, hingga labu.

 

5. Kue Jojorong


tastemade.com
Kue jojorong adalah jajanan tradisional Jambi berbentuk mirip perahu. Kue basah ini terbuat dari tepung beras, gula pasir, santan, daun suji, gula merah, dan daun pisang sebagai wadahnya.