5 Jajanan Asal Bandung yang Nggak Kalah Hits dengan Makanan Kekinian

5 Jajanan Asal Bandung yang Nggak Kalah Hits dengan Makanan Kekinian

Kalau ditanya kota apa yang dikenal dengan kulinernya yang enak, Bandung menduduki peringkat kedua setelah Jakarta. Nggak hanya makanan berat, jajanan-jajanan di Bandung juga sukses mencuri perhatian pecinta kuliner.

Makanan khas Bandung alias jajanan yang nggak boleh dilewatkan saat berkunjung kesana adalah es oyen. Siapa yang setuju sama Telusur Kultur? Es yang satu ini paling enak dinikmati di siang hari. 

Nggak cuma es oyen, Telusur Kultur akan berikan referensi makanan khas Bandung berupa jajanan dan makanan penutup yang masuk dalam daftar makanan terenak yang tak kalah dengan jajanan kekinian. Simak di bawah ini ya! 

1. Es Oyen

Makanan khas bandung

Dok. Pinterest

Seperti yang sudah dibahas di atas, es oyen jajanan manis yang sangat enak! Semakong es oyen berisi kelapa, nangka, alpukat, kolang-kaling, pacar cina, es serut & susu kental manis. Kayaknya paling tepat dimakan bersama sepiring batagor nih!

2. Seblak

Makanan khas bandung

Dok. Pinterest

Jangan mengaku pecinta makanan pedas kalau belum mencoba makanan khas Bandung Seblak, Yup, jajanan kedua ini bahan utama yang digunakan adalah kerupuk kanji yang dicampur cabai rawit dengan telur, sosis, bakso bahkan sekarang ada yang menjual seblak dengan mie.

3. Bala bala 

Makanan khas bandung

Dok. Pinterest

Kalau kamu lihat jajanan ini mirip sama bakwan goreng yang biasa kita temukan di gerobak gorengan. Memang betul serupa dengan bakwan goreng, terbuat dari bahan dasar tepung terigu, kol & wortel. Cocok jadi cemilan di sore hari!

4. Bandrek

Makanan khas bandung

Dok. Pinterest

Minuman yang terbuat dari jahe ini salah satu minuman khasnya orang-orang Bandung. Bandrek dapat menghangatkan tubuh lho! Jahe dicampur dengan rempah-rempah dan gula merah. Biasanya juga di campur dengan susu cair putih.

5. Rujak Cuka

Makanan khas bandung

Dok. Pinterest

Mendengar namanya kamu pasti sudah kebayang bukan makanan yang satu ini rasanya gimana? Asam, betul! Kuah asam pedas manis dibuat dari cuka dan cabai yang dicampur dengan kol, timun, wortel & kacang tanah.