5 Hidangan Buka Puasa Khas Medan

5 Hidangan Buka Puasa Khas Medan

Pulau Sumatra terkenal dengan hidangan kulinernya yang lezat. Termasuk Medan yang menjadi salah satu kota yang dikenal akan beragam kuliner, terlebih saat Ramadan terdapat beragam menu buka puasa khas Medan yang dapat bisa kamu coba.  

 

1. Mi Gomak

Mi Gomak merupakan salah satu makanan khas Medan, Sumatra Utara. Mi gomak biasanya disajikan dalam dua pilihan menu, yaitu mi gomak goreng atau mi gomak kuah. Sekilas tampilan dan tekstur kuliner khas Batak ini mirip dengan spageti kuliner khas Italia, sehingga mi gomak kerap disebut sebagai spageti khas Batak. Hindangan ini semakin khas karena menggunakan bumbu yang berempah, terutama aroma bumbu merica khas Toba bernama andaliman. Andaliman merupakan jenis rempah yang hanya bisa ditemukan di wilayah Sumatra Utara.

 

2. Bubur Pedas

Menu buka puas khas Medan selanjutnya adalah bubur pedas yang sudah disajikan sejak 1909 sebagai menu berbuka puasa di lingkungan Kesultanan Deli. Tepatnya pada era Tuanku Sultan Makmun Al-Rasyid Perkasa Alam Syah. Keunikan itu berasal dari bahan rempah-rempah, mulai dari kunyit, temu kunci, temu hitam, jintan serai, temu mangga, dan rmasih banyak lagi. Aneka rempah-rempah tersebut disajikan bersama kentang, wortel, dan tauge.

 

3. Pakat

Pakat adalah olahan dari rotan muda asal Tapanuli Selatan yang cocok jadi menu buka puasa. Sebelum dimakan, pakat biasanya dibakar terlebih dahulu selama 1 jam, lalu dikuliti dan diambil dagingnya yang berwarna putih. Bagian yang berwarna putih tersebut yang dimakan sebagai menu buka puasa. Pakat punya tekstur yang lembut, cocok apabila disantap dengan nasi sebagai lalapan. Pakat bercita rasa pahit, sehingga cocok digabungkan bersama sambal tuk-tuk khas Tapanuli Selatan. Meskipun pahit, pakat bisa meningkatkan selera makan seseorang.

 

4. Roti Jala Kuah Kari

Menu buka puasa khas Medan yang selanjutnya adalah roti jala kuah kari. Sesuai namanya, roti ini berbentuk seperti jala. Roti jala yang sudah dicetak dimakan bersama kuah kari yang kaya rempah, seperti bawang bombay, cabai merah kering, serai, daun jeruk, bawang merah, bawang putih bakar, kemiri, jintan, dan bunga lawang yang disangrai. Kuah kari yang kental biasanya berupa kuah ayam ataupun kambing.

 

5. Toge Panyabungan

Toge panyabungan adalah menu buka puasa dengan cita rasa manis dan menyegarkan. Semangkuk toge panyabungan terdapat toge yaitu bulir-bulir pendek dari tepung beras ketan berwarna hijau seperti cendol. Toge Panyabungam biasa disajikan dengan beras pulut, gula merah, candil, dan lupis.