5 Film Sejarah Indonesia Setelah Proklamasi Kemerdekaan

5 Film Sejarah Indonesia Setelah Proklamasi Kemerdekaan

17 Agustus 1945 merupakan salah satu momen bersejarah untuk Indonesia. Pasalnya pada hari tersebut, Ir. Soekarno dan Moh. Hatta memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia atas nama bangsa Indonesia.

Walau telah dinyatakan merdeka, tidak membuat Indonesia langsung bebas dari jajahan sekutu. Terdapat beberapa film yang mengisahkan perjuangan Indonesia melawan penjajah setelah proklamasi kemerdekaan yang bisa dijadikan referensi tontonan selanjutnya. Simak selengkapnya di bawah ini.

 

1. Kadet 1947 (2021)

Sumber: imdb.com

Film kemerdekaan Indonesia yang pertama adalah Kadet 1947. Film ini tayang perdana pada 2021 dengan mengangkat kisah tentang peristiwa Agresi Militer Belanda I setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada 21 Juli hingga 5 Agustus 1947. Menceritakan sekelompok kadet dari sekolah penerbangan Angkatan Udara di Maguwo, Yogyakarta yang berambisi menjaga Indonesia dari Belanda. Pasalnya, setelah perang Dunia II berakhir, Belanda kembali mencoba merebut Indonesia dengan menghancurkan sarana-sarana yang dimiliki Indonesia.

 

2. Battle of Surabaya (2015)

Sumber: imdb.com

Film ini mengangkat latar pertempuran 10 November di Surabaya. Battle of Surabaya merupakan film Kemerdekaan Indonesia dalam berbentuk animasi yang mengikisahkan, seorang anak bernama Musa yang ikut berperang dengan tugas sebagai kurir bagi arek-arek Suroboyo dan TKR. Meski masih kecil, tetapi Musa sangat gigih untuk mempertahankan Indonesia dari penjajah.

 

3. Jenderal Soedirman (2015)

Sumber: imdb.com

Film ini mengangkat cerita tentang perjuangan Jenderal Soedirman dalam memimpin pasukan perang gerilya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Meski menderita penyakit paru-paru, namun Jenderal Soedirman tetap memimpin perang selama 7 bulan dan menjadikan Jawa sebagai medan perang gerilya yang luas. Perjuangan Jenderal Soedirman membuahkan hasil kemenangan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

 

4. Merah Putih (2009)

Sumber: imdb.com

Merah Putih adalah film pertama dari Trilogi Merdeka. Film ini menceritakan tentang 4 sekawan yang menjadi kadet dan gerilyawan. Setelah kemerdekaan dibacakan, mereka berjuang untuk mengalahkan Belanda dan merebut markas penjajah. 

 

5. Darah Garuda (2010)

Sumber: imdb.com

Darah Garuda merupakan film kedua dari Trilogi Merdeka yang mengambil latar cerita mengenai peristiwa Agresi Militer Belanda I di Jawa Tengah. Setelah selamat dari pembantaian tentara Belanda, empat sekawan yang merupakan kadet ini kemudian menjadi tentara dan berperang gerilya di pedalaman.Â