traveling indonesia, traveling bali, traveling jakarta

5 Destinasi Traveling Indonesia untuk Liburan Akhir Tahun

Liburan akhir tahun di depan mata, sudah tahu mau jalan-jalan ke mana? Gak perlu jauh-jauh keluar negeri, ada banyak destinasi traveling Indonesia yang bisa kamu datangi! Apa saja destinasi-destinasi itu? Simak di bawah ini, ya!

  1. Bali
traveling indonesia, traveling bali, traveling jakarta

Dok. Pinterest (@hloblog)

Destinasi traveling Indonesia yang satu ini sudah gak perlu diragukan lagi. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang sangat suka dengan destinasi traveling Bali. Banyak sekali wisata alam yang bisa kamu kunjungi, mulai dari pantai (misalnya Pantai Seminyak, Pantai Melasti), air terjun (misalnya Air Terjun Sekumpul, Air Terjun Leke-Leke), gunung (misalnya Gunung Batur, Gunung Lesung), hingga savana (misalnya Savana Tianyar). Destinasi traveling Bali memang begitu banyak, pas banget untuk menghabiskan waktu libur akhir tahun kali ini.

  1. Jakarta
traveling indonesia, traveling bali, traveling jakarta

Dok. Pinterest (@indiedive)

Buat kamu yang senang dengan suasana hiruk pikuk ibukota, kamu bisa memilih destinasi traveling Jakarta untuk liburan akhir tahun kali ini! Ada banyak tempat yang bisa kamu datangi, misalnya area Sudirman yang punya banyak spot Instagramable, ada pula museum seperti Museum Wayang, Museum Fatahillah, dan lainnya. Kamu juga bisa ke Monumen Nasional, Taman Mini Indonesia Indah, Ancol, dan banyak tempat lainnya. Destinasi traveling Jakarta sangat menarik, bukan?

  1. Labuan Bajo
traveling indonesia, traveling bali, traveling jakarta

Dok. Pinterest (@ourtasteforlife)

Destinasi traveling Indonesia yang satu ini juga sangat diminati wisatawan mancanegara. Apalagi, tempat ini merupakan rumah hewan langka komodo. Namun, tempat indah di Labuan Bajo tak hanya Pulau Komodo, ada pula Pulau Padar, Pulau Kanawa, Pulau Koaba, dan lainnya.

  1. Yogyakarta
traveling indonesia, traveling bali, traveling jakarta

Dok. Pinterest (@agnoyyyy)

Banyak sekali tempat di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi, mulai dari Jalan Malioboro, Taman Sari, Alun-Alun, dan masih banyak lagi. Tak hanya mengunjungi berbagai tempat, kamu juga bisa wisata kuliner di sini. Beberapa makanan khas Yogyakarta yang bisa kamu cicipi misalnya gudeg, tengkleng gajah, bakpia pathok, dan banyak makanan lainnya.

  1. Manado
traveling indonesia, traveling bali, traveling jakarta

Dok. Pinterest (@daanydafa)

Wisata alam di Manado tak kalah menarik dari kota-kota lainnya. Mulai dari pulau, pantai, air terjun, bisa kamu temukan di kota ini. Misalnya ada Pulau Lihaga, Pulau Manado Tua, Air Terjun Kima Atas, dan lainnya. Makanan khas Manado pun wajib kamu cicipi selama liburan ke tempat ini, ada bubur tinutuan, sambal dabu-dabu, panada, dan lainnya.


Nah, itu dia 5 destinasi traveling Indonesia yang bisa kamu kunjungi di liburan akhir tahun nanti. Kamu bisa coba destinasi traveling Bali, traveling Jakarta, dan banyak kota lainnya. Begitu banyak keindahan kota-kota di Indonesia yang bisa kamu nikmati di libur akhir tahun.