5 Cara Merawat Kemeja Vintage Supaya Lebih Awet

5 Cara Merawat Kemeja Vintage Supaya Lebih Awet

Kemeja vintage masih menjadi fashion trend yang digemari anak muda. Pakaian ini biasanya sering ditemui dengan melakukan thrift shop hingga hasil pakaian turun-temurun dari generasi ke generasi lainnya.

Walau memiliki keunikan tersendiri, kemeja vintage akan jauh lebih mudah rusak dibandingkan dengan pakaian yang baru kamu beli. Kain tekstil akan lebih mudah rapuh seiring bertambahnya usia sehingga perlu perawatan khusus untuk membuat kemeja vintage lebih awet dan layak digunakan sebagai pakaian sehari-hari.

Nggak sulit kok merawat kemeja vintage. Intip beberapa cara yang telah dirangkum di bawah ini.

 

1. Jangan dicuci terlalu sering

pinterest.com

Bahan yang lebih mudah rentan, sebaiknya kemeja vintage jangan dicuci terlalu sering. Penggunaan bahan kimia saat proses mencuci akan membuat serat kain lebih cepat rusak. Jika terdapat noda membandel pada kemeja vintage, kamu bisa membersihkan pada spot noda tersebut dengan perlahan hingga noda hilang dan kemeja vintage kembali bersih.

 

2. Andalkan jasa profesional

pinterest.com

Beberapa kemeja vintage menggunakan kain dasar yang halus seperti velvet, sutra, atau kulit, atau material kain lainnya yang mudah rapuh seperti lace, embellished atau bordir. Sebaiknya dibersihkan kemeja vintage dengan sangat hati-hati. Supaya lebih aman, nggak ada salahnya untuk mengandalkan jasa profesional seperti laundry

 

3. Segera perbaiki kerusakan

thesprunce.com

Jika menemukan ada kerusakan kecil seperti kancing yang longgar, benang yang lepas pada kemeja vintage sebaiknya segera perbaiki sebelum kerusakannya semakin tambah besar. 

 

4. Simpan di tempat khusus

pinterest.com

Kemeja vintage sebaiknya dipisahkan dari pakaian yang lainnya. Kamu bisa menggantung kemeja vintage di dalam lemari pakaian atau pada tas pakaian yang terbuat dari kain muslin. Jika kamu ingin menyimpan kemeja vintage dengan cara dilipat, sebaiknya bungkus kemeja vintage dengan kertas tisu bebas asam supaya terpisah dari pakaian yang lain. Usahakan untuk tidak membuat lemari terlalu penuh, karena lemari yang lembab memicu pertumbuhan jamur atau serangga.

 

5. Ikuti instruksi pada label kemeja

besthiking.com

Jika di kemeja vintage milikmu terdapat label perawatan, sebaiknya ikuti petunjuk instruksinya. Hal tersebut sangat memudahkanmu untuk merawat kemeja vintage supaya lebih awet.