4 Oleh-oleh Makanan Hits Asal Jogja yang Wajib Dibeli

4 Oleh-oleh Makanan Hits Asal Jogja yang Wajib Dibeli

Soal kuliner Jogja memang tak perlu diragukan lagi, kota yang satu ini memang dikenal dengan surganya makanan, nggak heran mulai dari turis lokal sampai mancanegara rela jauh-jauh berkunjung ke Jogja untuk berlibur.


Makanan khas Jogja terkenal dengan cita rasa yang manis, salah satu makanan tradisional favorit adalah gudeg. Hayo siapa yang wajib makan gudeg saat berkunjung ke Jogja? Toss! Selain itu biasanya usai puas kulineran dan berlibur, wajib hukumnya untuk membeli oleh-oleh. Telusur Kultur telah merangkum 4 makanan khas Jogja yang wajib kamu beli sebelum pulang! 

Deretan makanan khas Jogja yang Telusur Kultur yang lagi nge-hits lho! Dijamin nggak akan menyesal setelah membelinya. Langsung simak berikut ini ya!

1. Bakpia kukus tugu Jogja

Makanan khas Jogja

Dok. Pinterest.com

Makanan khas Jogja pertama yang jangan lupa kamu beli sebelum pulang liburan adalah bakpia kukus tugu Jogja. Teksturnya yang lembut dengan isi topping coklat, kacang hijau, keju, original sampai brownies coklat buat kita nggak akan cukup hanya makan 1 bakpia. Makanan ini disebut-sebut sebagai mirip dengan makanan khas Jepang tokyo banana!

Bakpia tugu Jogja dijual di banyak toko, salah satunya kamu bisa mengunjungi di jalan Bausasran, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta. Untuk harga per box untuk isi 5 IDR 20.000 sedangkan isi 10 IDR 37.000.

2. Gudeg yu djum

Makanan khas Jogja

Dok. Pinterest.com

Tak hanya disantap saat sedang berada di Jogja kamu juga bisa membawa pulang dan jadikan sebagai oleh-oleh lho! Gudeg yu djum dijual dalam bentuk kering yang buatnya akan bertahan lama selama perjalanan pulang. Salah satu resto gudeg bu djum yang bisa kamu kunjungi di jalan Dagen nomor 2C, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta (dekat Malioboro)

Kamu bisa membeli versi besek atau kendil, untuk harganya pun tentu berbeda! Untuk besek paket lengkap berisi gudeg, ayam 1 ekor, krecek dijual dengan harga IDR 266,000. sedangkan untuk pake kendil gudeg, krecek, 1 ekor ayam & 5 telur IDR 336.000. Tapi kamu juga bisa membelinya satuan kok! 

3. Tasuba

Makanan khas Jogja

Dok. Shopback.com

Jangan sampai lupa membawa oleh-oleh makanan khas Jogja Tasuba ya! Tasuba singkatan dari tahu susu bakso begitu gurih saat dimakan. Disantap bersama teh manis hangat wah pasti bikin ketagihan! Variasi rasanya ada yang berisi ayam, sapi, sapi super serta tuna. 

Temukan tasuba di jalan Laksda Adisucipto KM 7.6, harganya mulai dari IDR 26.000 sampai dengan 38.000 berisi 10 pcs. 

4. Bakpia merlino

Makanan khas Jogja

Dok. Shopee.co.id

Bakpia yang nggak boleh terlewatkan saat ke Jogja adalah bakpia merlino. Bakpia dengan kotak merah ini memiliki tekstur cenderung basah dan ukurannya lebih kecil dari bakpia biasanya. Rasanya yang bervariasi mulai dari coklat, keju, cappucino sampai green tea pun ada juga lho. Menurut Telusur Kultur, merlino bakpia terenak di Jogja!

Salah satu lokasinya berada di jalan R.E Martadinata No.24, Jogja. Untuk harganya dijual mulai dari 40 ribuan.