12 Makanan Khas Solo yang Terkenal Rasanya Enak

12 Makanan Khas Solo yang Terkenal Rasanya Enak

Solo merupakan salah satu kota yang sering dikunjungi wisatawan saat berada di Jawa. Selain terkenal dengan destinasi pariwisatanya, Solo juga memiliki berbagai makanan khas yang wajib dicoba. Beberapa makanan khas Solo terkenal dengan rasanya yang enak. Nggak heran beberapa makanan di bawah ini semakin hits hingga mudah di temui di berbagai sudut kota Solo.

 

1. Nasi Liwet

endeus.tv

Kota Solo identik dengan nasi liwet. Biasanya nasi liwet khas Solo disajikan di atas daun pisang. Hal tersebut yang membuat makanan ini memiliki rasa yang gurih dan nikmat. 

 

2. Tengkleng

tripzilla.co


Tengkleng merupakan makanan khas Solo yang berbahan dasar jeroan daging kambing. Makanan ini menjadi salah satu makanan favorit untuk penggemar jeroan dan olahan kambing. 

 

3. Krengsengan


carimakanaja.com

Memiliki tampilan mirip semur daging, krengsengan biasa dibuat dari daging kambing dan disajikan dengan petis. Makanan ini menjadi salah satu menu kuliner yang wajib disantap ketika berada di Solo. 

 

4. Bakmi Ketoprak

primarasa.com


Memiliki nama yang terdengar unik, makanan satu ini juga terkenal dengan rasanya yang gurih. Bakmi ketoprak terbuat dari bahan-bahan seperti daging, mie basah, bihun, dan berbagai campuran sayuran. 

 

5. Tongseng

qraved.com

Tongseng merupakan salah satu makanan khas Solo yang cukup familiar. Walau mudah ditemukan di berbagai tempat di kota lain, nggak ada salahnya untuk coba menikmati tongseng di tempat asalnya. 

 

6. Timlo

endeus.tv

Makanan khas Solo ini punya tampilan mirip sup. Kuahnya segar dengan perpaduan bumbu yang pas, membuat makanan ini sangat enak untuk dimakan saat masih hangat.

 

7. Tahu Acar

kreasimasakan.com


Walau mulai susah ditemui, tahu acar merupakan makanan khas Solo yang sangat nikmat. Makanan ini terbuat dari tempe dan tahu yang dimakan bersama kuah yang asam.

 

8. Sate Kere

pinterest.com

Sate kere dibuat dengan bahan tempe gembus yang merupakan olahan ampas kedelai dari sisa produksi tahu. 

 

9. Sate Buntal

pergikuliner.com

Sate buntal merupakan salah satu menu di warung sate di Kota Solo. Makanan ini dibuat dengan potongan daging dan diselimuti lemak kambing.

 

10. Ayam Bacem

pinterest.com

Selain tempe bacem, di Solo sangat terkenal dengan ayam bacem. Makanan ini didominasi olenh rasa yang manis dan gurih 

 

11. Pecel Ndeso

twitter.com

Pecel ndeso merupakan makanan khas Solo yang identik penyajiannya dengan sambal berwarna kehitaman. 

 

12. Tahu Kupat

indonesiakaya.com

Tahu kupat di Solo hampir serupa dengan menu lainnya di sejumlah daerah. Tahu kupat dapat ditemukan dengan mudah di setiap sudut kota Solo.