10 Tips Solo Traveling yang Aman & Anti Ribet!

10 Tips Solo Traveling yang Aman & Anti Ribet!

Kalau mendengar kata traveling mungkin yang tersirat di benak teman-teman adalah jalan-jalan bersama keluarga, teman atau pasangan. 

Traveling memang lebih sering dikatikan dengan kebersamaan. Tapi apakah teman-teman pernah dengar istilah Solo Traveling?

Solo Traveling yang sekarang ini sedang ramai dibicarakan adalah kegiatan traveling ke luar kota atau luar negeri yang dilakukan sendirian. 

Tidak hanya butuh keberanian, Solo Traveler juga harus tahu tips-tips yang membuat perjalanannya aman. Terlebih kalau ini adalah kali pertama teman-teman melakukan traveling sendirian.

Simak 10 tips on solo traveling yang aman dan anti ribet di bawah ini!

Tips on Traveling

1. Cari tempat penginapan yang aman

Cari tempat penginapan yang aman adalah salah satu prioritas utama untuk solo traveler. Jangan lupa untuk selalu cek review penginapan, baik di aplikasi pemesanan atau pun lewat laman pencarian. 

Kalau teman-teman ingin kenal dengan banyak teman baru, coba pilih hostel dengan bunkbed yang banyak digunakan oleh backpackers. Teman-teman bisa pilih hotel apabila ingin memilih kamar tidur untuk sendiri dan menikmati me time

2. Itinerary yang tepat 

Jangan lupa untuk tentukan rencana perjalanan yang tepat untuk trip mu! Adanya itinerary bikin kamu hemat waktu untuk bisa langsung mengunjungi tempat-tempat menyenangkan. Kamu gak perlu bingung dan cari-cari tempat lagi saat sudah berada di lokasi liburan.  

3. Akses Transportasi

Banyak pilihan negara dan kota yang sudah memiliki rute tranportasi untuk memudahkan pejalan kaki. Salah satunya penggunaan MRT di Singapura dengan rute praktis. 

Jangan lupa mencari tahu mengenai akses transportasi di tempat liburan pilihanmu dan tentukan transportasi ternyaman untuk kamu gunakan. 

4. Bawa Obat-Obatan 

Sakit sendirian pasti rasanya tidak enak! Solo traveler harus siap dengan obat-obatan pribadi yang siap digunakan. 

Tentu akan sangat sulit untuk harus sendirian pergi mencari obat ketika kita sedang kesakitan kan? 

5. Ngobrol dengan Orang Lokal

Sulitnya jadi Solo Traveler adalah kita tidak punya teman atau keluarga untuk mengobrol selama perjalanan. Eits, tapi jangan sedih! Teman-teman bisa ajak ngobrol orang lokal dan mencari teman baru loh! 

Teman-teman juga bisa tahu rekomendasi tempat menarik yang hanya diketahui orang lokal. Mungkin saja kalian akan menemukan hidden gem saat liburan nanti kan?

Traveling

6. Simpan Uang di Banyak Kantung

Kasus pencopetan atau pencurian saat traveling banyak sekali terdengar. Selain berhati-hati, kalian juga bisa memecah uang cash ke beberapa tempat loh. Sebagian bisa disimpan di dalam koper, sebagian lain bisa dibawa di dompet. 

Hal ini bisa jadi pencegahan untuk memiliki uang simpanan ketika suata hal buruk terjadi. 

7. Siapkan Tas untuk Dokumen Penting

Supaya tidak ribet, solo traveler bisa memasukkan dokumen-dokumen penting yang disimpan di satu kantung atau tas penting yang siap dibawa kemana-mana. Ini bisa memudahkan kalian ketika ada dokumen penting yang harus disiapkan.

8. Catat Nomor Darurat

Penting untuk solo traveler mencatat nomor-nomor darurat dan menyimpannya di tempat yang mudah ditemukan. Apabila hal buruk terjadi, orang yang membantu akan dengan mudah memberikan kabar ke orang-orang terdekatmu. 

9. Gunakan Alarm atau Fitur Morning Call

Susah bangun pagi dan tidak ada orang lain untuk membangunkanmu? Jangan lupakan ada alarm! Ada juga fitur morning call di sebagian penginapan untuk membantu para solo traveler bangun tepat waktu.

10. Bawa Tripod untuk Dokumentasi

Solo Traveling bukan berarti kita tidak bisa mengambil foto atau video yang bagus loh. Teman-teman bisa gunakan tripod untuk mengambil dokumentasi. 

Hasilnya gak akan kalah dengan foto dan video yang diambill langsung oleh orang lain loh!

Jangan lupa lakukan 10 tips di atas ya, teman-teman! Selamat berlibur!